Istiqlal dan Baznas Dinilai Jadi Pahlawan Produk Pro-Zionis - Tinta Media

Minggu, 14 April 2024

Istiqlal dan Baznas Dinilai Jadi Pahlawan Produk Pro-Zionis

Tinta Media - Masjid Istiqlal dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dinilai Influencer Dakwah Aab Elkarimi seakan-akan menjadi pahlawan produk pro-Zionis penjajah (Israel). Penilaian tersebut disampaikan dalam program Kabar Pagi: Viral Masjid Istiqlal Bagi-Bagi Menu Buka Puasa Pro Israel, kok Bisa? Di kanal YouTube Khilafah News, Sabtu (13/4/2024).

Aab mengatakan, di saat saudara Muslim di Gaza masih mengalami genosida, Istiqlal sebagai ikon masjidnya Indonesia di penghujung Ramadan 1445 H ini malah melakukan kerja sama dengan produk yang terafiliasi dengan Zionis penjajah.

"Menurut BDS Movement, ternyata produknya enggak cuma satu, ada enam yang terpampang di banner jadi sponsor," bebernya.

Dan ternyata lagi, sambungnya, setelah digali bukan hanya Istiqlal yang melakukan itu. Sebelumnya ada Baznas yang juga bekerja sama dengan McDonald's.

"Dan gue enggak ngerti, entah apa yang ada di benak mereka? Entah kaidah apa yang mereka gunakan?" tanya Aab.

Menurutnya, institusi yang menjadi representasi Islam di Indonesia seolah tidak memahami rasa, buta etika, nir empati dan bisu sikap politik.

"Gue mungkin enggak bakal bikin video ini jika kasusnya itu di influencer, di organisasi umum biasa, ataupun individu yang masih menggunakan produk dari brand ini, karena secara status (zat) nya memang halal, dan gue temuin di lapangan banyak orang yang terpaksa menggunakannya. Itu, it's oke," ucapnya.

Tapi, ungkap Aab, masalahnya ini mengenai tentang sikap politik dari institusi yang merepresentasikan diri mewakili keislaman umat Islam di Indonesia soal sikapnya terhadap Gaza, Palestina.

"Bagi gue, ini lebih dari sekadar ekspresi nasional terhadap etika menghargai nyawa manusia, menolak penindasan, menolak penjajahan di Gaza," terangnya.


Menurutnya, ini wujud  al-wala' wal baro' (loyailtas) kepada Allah. "Apakah kita rela sikap dan ekspresi nasional kita pada Gaza harus diwakili Istiqlal dan Baznas tersebut? Di saat semua warga dunia begitu serius pada Gaza, serius protes, serius donasi, serius memotong dana pembantaian lewat boikot produk yang terafiliasi, lalu tiba-tiba masjid dan badan zakat kita seakan menjadi pahlawan bukan untuk Gaza tapi untuk produk yang diboikot," tutupnya mengakhiri.

Diketahui, pada Rabu (3/4/2024), acara "Bazar Paket Sembako Murah dan Penyediaan Berbagi di Bulan Ramadhan" yang diadakan di Masjid Istiqlal mendapat sorotan tajam dari gerakan global BDS (Boycott, Divestment and Sanctions) karena melibatkan brand-brand yang terafiliasi dengan dukungan kepada Israel.[] Muhar


Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :